Rabu, 27 Februari 2013

film animasi terbaik

Setelah menyimak bagian pertama dan kedua dari film animasi terbaik sepanjang masa, kini kami sajikan bagian terakhir yang sekaligus menjadi peringkat sepuluh besar film animasi terbaik sepanjang masa. Apakah film animasi favorit Anda ada di daftar ini? Selamat membaca.

The Little Mermaid (1989)
Sutradara: Ron Clements, John Musker
Pengisi Suara: Rene Auberjonois, Christopher Daniel Barnes, Jodi Benson, Pat Caroll
Ketika bos animasi Disney, Jeffrey Katzenberg membentuk tim yang berisikan penulis sutradara Ron Clements dan John Musker (yang setelahnya akan menulis Aladdin, Hercules, dan The Princess and the Frog) dengan penulis lagu Alan Menken dan Howard Ashman (Beauty and the Beast, Aladdin), ia telah melahirkan fitur terbaru dari studio animasi ternama ini, yang sempat hilang selama dua dekade setelah pendirinya, Walt Disney, tiada. Katzenberg, selama lima tahun ke depan—sebelum ia keluar dari Disney dan membentuk DreamWorks—telah membawa animasi Disney menjadi salah satu film tercerdas dan layak disandingkan dengan film non animasi.
Finding Nemo (2003)
Sutradara: Andrew Stanton
Pengisi suara: Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Willem Dafoe, Alexander Gould,
Film animasi yang menceritakan kehidupan laut dengan begitu indah dan mendetail ini layak untuk menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Anda tentu masih mengingat bagaimana petualangan Marlin dalam mencari anak semata wayangnya, Nemo, yang dibantu dengan seekor ikan biru unik bernama Dory. Pemandangan dunia bawah laut yang ditampilkan dalam film ini sangatlah sempurna hingga Anda mungkin merasakan sendiri bagaimana rasanya berenang bersama penyu ataupun dikejar-kejar oleh hiu pemangsa. Wajar saja jika Anda merasa terkagum-kagum dengan film animasi yang menggunakan fitur CGI ini, karena seluruh staf Pixar harus belajar biologi kelautan sebelum memproduksi film yang satu ini.
The Triplets of Belleville (2003)
Film animasi Prancis ini menyajikan kisah dan gambar animasi yang unik (Gambar: slantmagazine.com)Film animasi Prancis ini menyajikan kisah dan gambar animasi yang unik (Gambar: slantmagazine.com)
Sutradara: Sylvain Chomet
Pengisi suara: BĂ©atrice Bonifassi, Lina Boudreault
Sejak Pixar dan DreamWorks menggunakan animasi CGI, kepopuleran film animasi dua dimensi semakin memudar dan perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Namun tampaknya Sylvain Chomet, sang sutradara, tidak mengindahkan hal ini dan justru membuat film animasi dua dimensi tentang seorang wanita tua yang membesarkan cucu lelakinya untuk bisa menjadi juara di Tour de France. Chomet menghabiskan waktu lima tahun dalam pembuatan film animasi ini, dan membuktikan bahwa animasi dua dimensi pun masih tetap bisa diterima oleh masyarakat.
Up (2009)

Adegan rumah terbang dengan ribuan balon ini tentu akan selalu Anda ingat (Gambar: moviepicturedb.com)Adegan rumah terbang dengan ribuan balon ini tentu akan selalu Anda ingat (Gambar: moviepicturedb.com)
Sutradara: Pete Docter, Bob PetersonPengisi suara: Edward Asner, Christopher Plummer, Jordan Nagai, Bob Peterson
Kisah seorang kakek yang menolak rumahnya digusur untuk dijadikan apartemen super mewah, dan lebih memilih untuk menerbangkan rumahnya dengan ribuan balon mungkin akan terus terngiang-ngiang di benak Anda. Up memang menyajikan kisah yang unik sehingga membuatnya pantas untuk berada di sepuluh besar film animasi terbaik sepanjang masa. Apalagi, mungkin tidak sedikit dari Anda yang tersentuh bahkan menitikkan air mata ketika melihat perjalanan hidup  Carl, dan cintanya pada Ellie, yang terjalin dalam adegan tanpa dialog selama 4,5 menit yang selalu menjadi adegan termanis dan tersedih dari seluruh film animasi yang pernah Anda saksikan. 
South Park: Bigger, Longer & Uncut (1999)
Sutradara: Trey Parker
Pengisi suara: Trey Parker, Matt Stone, Mary Kay Bergman, Isaac Hayes
Mungkin saja ada beberapa orang yang tidak setuju jika film animasi ini dianggap sebagai film terbaik sepanjang masa. Tidak semua orang menyukai film ini karena mengandung unsur sindiran pada tokoh-tokoh seperti Baldwin brothters, Winona Ryder, Conan O’Brien, Bill Gates, Barbra Streisand, bahkan pada Tuhan. Selain itu, Anda yang tidak suka dengan kekasaran yang ditampilkan oleh komik ini juga disarankan untuk tidak menonton film animasi ini.
Spirited Away (2001)
Sutradara: Hayao Miyazaki
Pengisi suara: Rumi Hiiragi, Miyu Irino, Mari Natsuki, Bunta Sugawara
Film animasi Jepang yang berjudul asli Sent to Chihiro no Kamikakushi ini sering disebut sebagai mahakarya sutradara film animasi ternama Jepang, Hayao Miyazaki. Miyazaki dengan Studio Ghibli-nya memang layak disebut sebagai sutradara animasi Jepang terbaik karena telah melahirkan berbagai karya animasi yang menarik, seperti Tonari no Totoro, Mononoke Hime, dan Ponyo. Di film Spirited Away ini, Miyazaki bercerita tentang seorang gadis cilik bernama Chihiro yang masuk ke sebuah dunia ajaib. Orang tua Chihiro berubah menjadi babi setelah tanpa izin memakan makanan di negeri ajaib itu. Chihiro harus berpacu dengan waktu agar orang tuanya tidak dibunuh untuk dikonsumsi. Chihiro, yang namanya diubah menjadi Sen bertemu dengan seorang lelaki misterius bernama Haku, yang kerap membantunya.
Dumbo (1941)
Sutradara: Ben Sharpsteen
Pengisi suara: Edward Brophy, Herman Bing, Margaret Wright, Sterling Holloway
Pada tahun-tahun pertamanya menjadi sutradara film animasi, Walt Disney adalah orang yang paling ambisius di jajaran Hollywood. Setelah membuat Pinocchio  dan Snow White, Dumbo hadir hanya dengan durasi 64 menit saja. Dumbo bercerita tentang seekor gajah kecil bernama Jumbo Jr. yang dengan seenaknya diubah nama menjadi Dumbo karena kupingnya yang besar. Meskipun harus terpisah dari ibunya, Dumbo tetap tegar dan akhirnya dia menyadari bahwa ternyata dia bisa terbang!
The Bugs Bunny/Road Runner Movie (1979)
Sutradara: Chuck Jones, Phil Monroe
Pengisi Suara: Mel Blanc, Arthur Q. Bryan
Di tengah dunia animasi yang didominasi oleh Disney, sekali lagi Warner Bros membuktikan bahwa film animasi seperti The Bugs Bunny—yang terdiri dari 10 fillm animasi pendek mampu menyaingi rajanya film animasi dunia, Walt Disney. Dengan gayanya yang bebas, The Bugs Bunny mampu menghibur banyak orang. Sang pembuat fim sendiri menyatakan bahwa mereka tidak membuat film ini untuk orang dewasa ataupun anak-anak, tetapi untuk mereka sendiri.
Wall.E (2008)

Kisah robot kecil yang satu ini selain mengharukan juga memberikan banyak pelajaran bagi umat manusia (Gambar: entertainmentwallpaper.com)Kisah robot kecil yang satu ini selain mengharukan juga memberikan banyak pelajaran bagi umat manusia (Gambar: entertainmentwallpaper.com)
Sutradara: Andrew StantonPengisi suara: Ben Burtt, Elissa Knight, Jeff Garlin, Fred Willard, John Ratzenberger
Apa yang akan terjadi pada bumi dan umat manusia seratus tahun mendatang? Masihkah manusia hidup di bumi yang semakin tua dan semakin rusak ini? Ternyata, 10 abad lagi manusia sudah tidak meninggali bumi dan bumi dipenuhi oleh sampah. Satu-satunya makhluk yang tertinggal di bumi yang sudah hancur ini adalah sebuah robot bernama Wall.E, yang bertugas untuk membereskan kekacauan yang telah dibuat manusia itu, yaitu membersihkan sampah. Lantas, dimanakah umat manusia berada di zaman itu?



Pinocchio (1940)
Sutradara: Ben Sharpsteen, Hamilton Luske
Pengisi suara: Dickie Jones, Christian Rub, Cliff Edwards, Don Brodie, Frankie Darro, Walter Catlett
Inilah film animasi terbaik sepanjang masa yang menduduki peringkat pertama. Cerita yang didasarkan pada dongeng klasik karya Calo Collodi di tahun 1883 ini dianggap telah menjadi perintis bagi karya-karya animasi berikutnya, seperti Kung Fu Panda, Happy Feet, Tangled, The Little Mermaid, dsb. Pinocchio mengajarkan banyak nilai moral mulai dari tidak boleh membohong hingga sebuah filosofi bahwa seorang anak belum bisa disebut sebagai manusia sebelum ia mampu merasakan kehilangan dan melakukan tindakan terpuji secara spontan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar