Minggu, 03 Februari 2013

Sejarah Nissan Skyline

Sejarah Nissan Skyline


nissan skyline history
Nissan Skyline adalah jajaran mobil kompak awalnya diproduksi oleh Perusahaan produsen mobil Prince Motor Company mulai tahun 1957 dan kemudian diproduksi oleh Nissan setelah dua perusahaan ini bergabung pada tahun 1966.
Sampai saat ini Nissan Skyline tersedia dalam coupe atau sedan, dan berciri khas lampu rem belakang yang bulat.
Skyline R30 sampai R35 merupakan mobil yang paling digemari para pecinta modifikasi dari tahun 1980 sampai sekarang terutama dengan fitur yang tersedia seperti mesin 6 slinder, turbocharger, dan performa yang fantastis.

Generasi Pertama Nissan Skyline

ALSID-1 1957-1963


ALSID-1

Skyline pertama diperkenalkan pada bulan April 1957 oleh Prince Motor Company, dan dipasarkan sebagai mobil mewah.
princeskylinealsid1
Dengan fitur mesin L 1.5 (1.482 cc) GA-30 mesin menghasilkan tenaga 44 kW (60 hp) @ 4.400 rpm.
ALSID-1 menggunakan suspensi belakang de Dion dan mampu mencapai kecepatan 140 km / jam (87 mph).

ALSID-2

Skyline telah diupdate dengan lampu quad pada tahun 1958.
princeskylinealsid2
Model ini didukung oleh mesin 1,5 L yang dikenal sebagai GA-4 OHV (1484 cc) menghasilkan tenaga sekitar 70 hp (52 kW) @ 4800 rpm dan diproduksi sampai tahun1961.

BLRA-3

Skyline menampilkan body mobil buatan tangan Michelotti dalam bentuk coupe dan convertible.
princeskylinesportblra3
Mobil-mobil ini menggunakan mesin 1,9 L (1862 cc) dengan mesin GB-30, menghasilkan tenaga 96 hp (72 kW/154 Nm.

Generasi Ke Dua Nissan Skyline

S50 1963-1968

S50/BLSID

Pada tahun 1961 perusahan Fuji Precision berganti nama menjadi Prince setelah merger pada tahun 1954, dan seri S50 diluncurkan, berbekal mesin G-1 yang mengeluarkan tenaga 70 hp (52 kW).
skylines501500
Tersedia juga mesin 1862cc , dan mengeluarkan tenaga 91 hp (68 kW). Seri S50 memakai transmisi 3-speed atau 4-speed serta sedan 4 pintu (S50) atau wagon 5 pintu (W50).

S54

Prince menyelenggarakan balapan GT Skyline pada Mei 1964, diciptakan S54 yang menggunakan 6-silinder dengan mesin G-7 dari Gloria S40.
princeskylines54
  • S54A – 1988 cc G-7 single-carb I6, 105 hp (78 kW)
  • S54B – 1988 cc G-7 triple-carb I6, 125 hp (94 kW)

S57

Skyline S50 telah diupdate menjadi S57 pada tahun 1967. Menggunakan mesin Nissan, OHC 1,5 L (1487 cc) G15.
princeskylines57
Menghasilkan tenaga 88 hp (66 kW), dan menjadi mesin yang paling berkuasa di kelas 1500 cc Jepang saat itu.

Generasi Ke Tiga Nissan Skyline

C10 1968-1972

C10

Seri C10 diproduksi pada tahun 1968, yang dipasarkan dengan lambang Nissan. Pada saat C10 mulai dijual, lambang Prince telah dihapus.
nissanskylinec10
Skyline C10 diluncurkan dengan mesin Nissan 1,5 L OHC G15 I4 seperti S57. Mesin versi 1,8 L G18 juga tersedia.

2000GT-X

skyline2000gtx
Pada tahun 1971, diproduksi KGC10 2000GT-X bermesin L20 I6 2,0 L (1998 cc) dengan tenaga sekitar 120 hp (78 kW).

2000GT

nissanskyline2000gt
Tahun berikutnya, diproduksi 2000GT GC10 dengan kapasitas 2,0 L (1998 cc) mesin L20 I6 dengan tenaga sekitar 105 hp (78 kW).

GT-R

GT-R Skyline pertama muncul pada bulan Februari 1969 dan disebut PGC-10 berkapasitas mesin 2,0 L (1998 cc) S20 I6, mesin baru DOHC menghasilkan 160 hp (118 kW, 180 Nm).
nissanskylinegtrr
GT-R dimulai sebagai sedan, tetapi versi coupe 2 pintu menjadi debut pada bulan Oktober 1970 dan diperkenalkan pada Maret 1971.C10 ini berpacu melawan mobil termasuk Toyota, 1600 GT5 Isuzu Bellett GTR, Mazda Familia (R100), Capella (RX-2), bahkan Porsche.
nissanskylinegtrrear

Generasi Ke Empat Nissan Skyline

C110 1972-1977


C110

Generasi C110 diproduksi dari 1972 sampai 1977.Untuk ekspor pada 1970-an, Skyline C110 dan GC110 dijual sebagai Datsun K-seri.
nissaskyline2000gtrc110
C110 merupakan versi pertama yang memiliki fitur lampu belakang bulat, khas desain Skyline sampai sekarang.
  • 1600GT – 1.6 L G16 I4
  • 1800GT – 1.8 L G18 I4
  • 2000GT-X – 2.0 L L20A I6, 130 hp (96 kW, 172 N m)
  • 2000GT-R – 2.0 L S20 I6, 160 hp (118 kW, 180 N m)
nissanskyline2000gtxc11

Generasi Ke Lima Nissan Skyline

C210 1977-1981


C210

Langkah sukses C210/211 dan GC210/211 pada tahun 1977 terus membagi berbagai Skyline ke dalam model dasar dan terus diproduksi untuk ekspor.
nissanskylinec2112000gt
  • 1600TI – 1.6 L L16T I4, 95 hp (71 kW, 132 N m)
  • 1800TI – 1.8 L L18T I4, 115 hp (86 kW, 152 N m)
  • 2000GT-EL – 2.0 L L20E I6, 130 hp (97 kW, 167 N m)
  • 2000GT-EX – 2.0 L L20ET turbo I6, 145 hp (108 kW, 206 N m)
nissanskylinec2102000gt

Generasi Ke Enam Nissan Skyline

R30 1981-1985


R30

Peluncuran seri R30 pada bulan Agustus 1981, generasi ini terbagi dalam mesin 4 dan 6 silinder.
nissanskyliner30
R30 ini tersedia sebagai coupe hardtop dua pintu, sedan 4 pintu, hatchback 5 pintu (hanya tersedia dalam generasi R30), atau station wagon 4 pintu.

RS

Versi Skyline awalnya dikenal sebagai 2000RS ini dirilis pada tanggal 2 Oktober 1981 dengan bobot hanya 1.130 kg (2.500 lb) dilengkapi dengan mesin 4 silinder DOHC FJ20E menghasilkan tenaga 110 kW (150 PS; 148 hp) pada 6000 rpm dan 181 Nm pada 4800 rpm.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Pada bulan Februari 1983 berkisar DR30 memperkenalkan mesin turbocharged FJ20ET di 2000RS-Turbo.
nissaskylinedr30rsturbo rear
Tenaga yang dihasilkan sebesar 140 kW (190 PS; 188 hp) pada 6400 rpm dan 225 Nm pada 4800 rpm, FJ20ET diakui sebagai mesin produksi yang paling kuat di Jepang pada jamannya.

  • 1800TI – 1.8 L Z18S SOHC I4, 105 hp (77 kW), later models 1.8 L CA18S SOHC I4, 105 hp (77 kW)
  • 2000TI – 2.0 L CA20E SOHC I4
  • 2000TI – 2.0 L Z20E SOHC I4
  • 280D GT – 2.8 L LD28 SOHC I6 Diesel
  • 2000GT and Passage – 2.0 L L20E SOHC I6
  • 2000GT Turbo, Passage and Paul Newman Version – 2.0 L L20ET turbo I6, 140 hp (103 kW, 206 N m)
  • RS – 2.0 L FJ20E DOHC I4, 150 hp (112 kW, 181 N m)
  • RS-X and RS-X Turbo C – 2.0 L FJ20ET DOHC turbo I4, 190 to 205 hp (140 to 151 kW, 225 to 245 N m)

Generasi Ke Tujuh Nissan Skyline

R31 1985-1987


R31

Skyline R31 memperkenalkan banyak teknologi baru dan fitur. HR31 adalah Skyline pertama yang dilengkapi dengan mesin seri RB baru, sering disebut sebagai mesin “Red Top” karena cam merah penutup.
nissanskyliner3024eseda
Nissan RD28, sebuah mesin kapasitas 2,8 L 6 silinder, fitur untuk pilihan diesel. R31 juga mengenalkan 4 wheel steering racing, dijuluki HICAS (High Capacity Active Steering).
Seri R31 juga satu-satunya model dalam keluarga Skyline variasi Hardtop 4 pintu.



GTS-R

Versi akhir dari R31 adalah RB20DET-R bertenaga HR31 GTS-R Coupe yang diproduksi 800 unit dengan turbocharger yang lebih besar pada manifold knalpot pipa baja, serta mount intercooler yang lebih besar meningkatkan kekuatan yang diklaim sebesar 210 ps (154 kW), dengan versi racing lebih dari 430 hp (321 kW).
nissanskyliner312000gts

  • 1800 C, 1800 EXCEL and 1800 PASSAGE – 1.8 L CA18S SOHC I4, 90 hp (66 kW)
  • GT EXCEL D, GT PASSAGE D – 2.8 L Diesel RD28 SOHC I6, 92 hp (68 kW, 173 N m)
  • GT EXCEL, GT PASSAGE – 2.0 L RB20E SOHC I6, 128 hp (96 kW)
  • GT EXCEL TWIN CAM 24V, GT PASSAGE TWIN CAM 24V – 2.0 L RB20DE DOHC I6, 155 hp (114 kW)
  • GT PASSAGE TURBO – 2.0 L RB20ET SOHC turbo I6, 167 hp (125 kW, 206 N m)
  • GT PASSAGE TWIN CAM 24V TURBO – 2.0 L RB20DET DOHC turbo I6, 180 hp (133 kW, 225 N m)
  • GTS – 2.0 L RB20DE DOHC I6, 155 hp (114 kW)
  • GTS Turbo – 2.0 L RB20DET DOHC I6, 180 hp (133 kW, 225 N m)
  • GTS-X – 2.0 L RB20DET DOHC turbo I6, 190 hp (141 kW, 240 N m)
  • GTS-R – 2.0 L RB20DET-R DOHC turbo I6, 210 hp (154 kW, 245 N m)
  • GTS Autech – 2.0 L RB20DET-R DOHC turbo I6, 210 hp (154 kW, 245 N m)
  • Pintara – 2.0 L CA20E I4, 102 hp (78 kW, 160 N m)
  • GX, Executive, GXE, Silhouette, Ti – 3.0 L RB30E SOHC I6, 155 hp (114 kW, 247 N m)
  • Silhouette GTS1 – 3.0 L RB30E SOHC I6, 176 hp (130 kW, 255 N m)
  • Silhouette GTS2 – 3.0 L RB30E SOHC I6, 190 hp (140 kW, 270 N m)
  • 2.0GL, 2.0GLE – 2.0 L CA20S I4, 106 hp (78 kW, 163 N m)
  • 2.0SGLi – 2.0 L RB20E SOHC I6, 115 hp (85 kW, 174 N m)
  • 3.0SGLi – 3.0 L RB30E SOHC I6, 171 hp (126 kW, 260 N m)

Generasi Ke Delapan Nissan Skyline

R32 1989-1994

R32

Skyline HCR32 memulai debutnya pada Mei 1989 dan tersedia dalam coupe 2 pintu atau sedan 4 pintu. Versi 2,5 liter menjadi salah satu mobil produksi pertama yang memiliki fitur transmisi 5 speed otomatis.
nissanskyliner32gtr1989
nissanskyliner32gtr1989 rear
nissanskyliner32gtr1989 interior
Ada juga versi 4WD dari GTS-t Tipe M, yang disebut GTS-4.

  • GXi Type-X – 1.8 L CA18i I4, 91 hp (67 kW)
  • GTE Type-X – 2.0 L RB20E I6, 125 hp (93 kW, 152 N m)
  • GTS Type-X, S, J – 2.0 L RB20DE I6 155 hp (115 kW, 154 N m)
  • GTS-25 Type-X, S, XG – 2.5 L RB25DE I6, 180 hp (134 kW, 231 N m)
  • GTS-t Type-M – 2.0 L RB20DET turbo I6, 212 hp (158 kW, 265 N m)
  • GTS-4 – 2.0 L RB20DET turbo I6, 212 hp (158 kW, 265 N m)
  • Autech Skyline – 2.6 L RB26DE I6, 217 hp (162 kW, Autech Version – auto only)
  • GT-R – 2.6 L RB26DETT twin-turbo I6, 276 hp (280ps) (206 kW, 368 N m) also NISMO,N1, V-Spec, and V-Spec II variants.
  • NISMO S-Tune

Generasi Ke Sembilan Nissan Skyline

R33 1993-1998

R33

Skyline R33 diperkenalkan pada bulan Agustus 1993. Sedikit lebih berat dari R32, tersedia dalam coupe dan sedan. Semua model sekarang menggunakan mesin 6-silinder.
nissanskyliner33gtr
nissanskyliner33gtrinte
  • HR33 GTS – 2.0 L RB20E SOHC I6, 130 PS (96 kW, 172 N m)
  • ER33 GTS25 – 2.5 L RB25DE DOHC I6, 190 PS (140 kW, 231 N m)
  • ENR33 GTS-4 – 2.5 L RB25DE DOHC I6, 190 PS (140 kW, 231 N m) AWD
  • ECR33 GTS25T – 2.5 L RB25DET DOHC turbo I6, 250 PS (184 kW, 294 N m)

Generasi Ke Sepuluh Nissan Skyline

R34 1999-2002

R34

Pada bulan Mei 1998, EN34, HR34, ER34 dan BNR34 dilanda banyak masalah karena perubahan dari R32 ke R33, karena lebih menekankan pada model sporty, dan ditandai pengenalan mesin RB25DET NEO lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan .
nissanskyliner34gtrnr
nissannismoskylinegtrzt rear
nissannismoskylinegtrzt
Mesin RB20E dan RB20DE dihentikan pada basis model R34 (GT) setelah terakhir yang digunakan dalam Skyline R32.
nissanskylinesportsseda
  • GT-R V-Spec II Nür – As above V-Spec II + N1 motor, 300 km/h speedo. (only 750 made)
  • GT-R M-Spec Nür – As above M-Spec + N1 motor, 300 km/h speedo. (only 253 made)
  • GT-R NISMO S-tune
  • GT-R NISMO R-tune
  • GT-R NISMO Z-tune – 2.8 L (bored and stroked) RB26DETT Z2 twin-turbo I6, 500 PS (368 kW, 540 Nm) Z1 and Z2 (hanya ada 20 unit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar